Camat Jayanti Buka Acara Tes SWAB dan Rapid Tes Untuk Ratusan Santri Daar El-Qolam

TANGERANG (Banten) Salingsapa.info | Camat Jayanti H.CR.Inton bersama Muspika Kecamatan Jayanti dan di dampingi Pihak Yayasan Daar El-Qolam Gintung, Resmi membuka acara test SWAB dan Rapid Test untuk ratusan santri, yang dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung – Kecamatan Jayanti, Rabu (12/08/2020).

Camat Jayanti menyebut Pemkab Tangerang manyiapkan sekitar 50 rapid test dan 300 swab test untuk santri yang menetap di pondok pesantren Daar El-Qolam Gintung.
Hal tersebut disampaikan saat meninjau langsung pelaksanaan swab test tahap pertama untuk ratusan santri.

“Kami bekerjasama dengan dinas kesehatan KabTangerang, dan puskesmas Jayanti, kita ada stok 50 rapid test dan 300 swab test, nanti dilihat kebutuhannya, bilamana kurang kami akan ajukan kembali ,” ujar camat Jayanti CR.Inton, kepada Awak Media.

Ditambahkannya, untuk pelaksanaan rapid test dan swab test sendiri Pemkab Tangerang tidak memungut biaya sepeserpun dari para santri atau dari pondok pesantren. Pelaksanaan swab test dan rapid test sengaja digratiskan untuk kalangan santri sebagai bentuk dukungan Pemkab Tangerang yang sangat peduli dengan para santri yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Ini semua kita gratiskan untuk santri, tidak ada yang dipungut biaya. Santri-santri inikan pergi untuk menuntut ilmu, tentu akan kita bantu dan akan kita fasilitasi,” ungkapnya.

Dirinya juga menghimbau, agar pesantren bisa secara konsisten menerapkan pola protokol kesehatan covid-19. Seperti wajib mencuci tangan, menggunakan makser, jaga jarak antar santri dan ustadz, dan lainnya. Sehingga ilmu didapat, kesehatan juga tetap terjaga.

“Nanti yang sudah mengikuti test akan mendapatkan surat keterangan sehat dari tim kesehatan untuk mempermudah dalam perjalanan dan memastikan kondisi santri sehat ketika masuk pesantren dan memulai kegiatan belajar di pondok pesantren,” ucapnya.
(Mad Sutisna/Anoey)