Disaksikan Dandim, Serma Zainul Hasibuan Raih Gelar Magister Pendidikan

LANGSA (Aceh) Salingsapa | Serma Zainul Lian Malik Hasibuan personil Kodim 0104/Atim berhasil meraih gelar Magister Pendidikan pada Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Langsa.

Serma Zainul resmi menyandang gelar Magister Pendidikan setelah berhasil mempertahankan karya tulis ilmiahnya dengan judul tesis “Interkoneksi ilmu agama dengan ilmu umum pada pembelajaran pendidikan agama Islam (studi penelitian di Madrasah Tsanawiyah swasta MIM Langsa) pada sidang munaqasyah yang berlangsung di ruang sidang Program Pascasarna IAIN Langsa, Selasa (20/10/2020).

Sidang Munaqasyah ini turut dihadiri oleh Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA, sekretaris sidang Dr. Muhaini, MA, penguji I Dr. Syafi’i, M.Fil penguji II Dr. Mohd. Nasir, MA dan penguji III Dr. Zainuddin, MA.

Disaksikan oleh Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S. Sos, M. Tr (Han), Pasi Ops Kodim 0104/AtimKapten Inf Suharianto dan keluarga, Serma Zainul mempresentasikan hasil penelitian ilmiahnya dengan sangat baik dan mampu memberikan argumentasi kepada para penguji.

Sidang Munaqasyah berlangsung selama 1 jam 30 menit, setelah menyampaikan presentasinya, sidang diskors oleh ketua sidang guna dilakukan musyawarah dewan penguji.

“Berdasarkan hasil sidang dan penilaian oleh dewan penguji, Zainul Malik Hasibuan, Nim : 5032018016, Prodi Pendidikan Agama Islam dinyatakan lulus dengan nilai 94 (A+), tandas sekretaris sidang Dr. Muhaini, MA saat membacakan berita acara hasil sidang.

Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S. Sos, M. Tr (Han) memberikan apresiasi kepada anggotanya yang telah menyelesaikan pendidikan pada jenjang S2.

“Saya sangat mendukung, apabila program ini (penelitian) kita sinergikan dan terapkan di kesatuan kita terkait pembinaan anggota kodim dengan mengoptimalkan interkoneksi keilmuan, ”ujar Dandim.

Dandim mengatakan, selama ini dirinya memberikan kesempatan kepada para anggotanya untuk mengembangkan sumber daya manusia lewat pendidikan, Dandim juga berpesan agar personil Kodim 0104/Atim tidak merasa puas dengan capaian akademik yang telah diraih.

“Tidak ada kata cukup untuk menuntut ilmu, jadi tuntutlah ilmu dari ayunan hingga liang lahat,”imbuh Dandim.

Sementara itu, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri, MA mengucapkan selamat dan sukses kepada Serma Zainul Lian Malik Hasibuan. “Semoga dapat menjaga nama baik almamater dan terus memberikan kontribusi kepada masyarakat sehingga IAIN Langsa terus diminati oleh masyarakat.

Ditempat yang sama, Serma Zainul menyampaikan, ketertarikannya untuk meneliti judul tesis tersebut karena dirinya ingin menerapkan interkoneksi keilmuan dalam pembinaan para Bhabinsa dan akan dikembangkan lagi penelitian tersebut pada jenjang s3 nantinya.

“Saya ingin menulis judul peran Bhabinsa dalam membina masyarakat lewat interkoneksi ilmu agama, jika nanti saya akan menempuh pendidikan pada jenjang S3,”ungkapnya. (AA)