Manfaatkan Lahan Kosong, Koramil Peudawa dan Warga Lakukan Penghijauan

ACEH TIMUR Salingsapa.info | Koramil 16/Peudawa bersama warga desa di wilayah kecamatan Peudawa laksanakan kegiatan Penghijauan dengan menanam beberapa pohon yang memiliki nilai ekonomi tinggi di daerah perbukitan Desa Seunebok Peunteut Kecamatan Peudawa Kabupaten Aceh Timur, Kamis (13/08/2020).

Kegiatan pagi itu dilaksanakan dalam skala kecil bersama warga dan beberapa dari Kecamatan Peudawa terkait sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar. Sebanyak 20 Batang Pohon yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti Pohon Durian, Pinang dan Petai ditanam di sekitar Lahan Kosong yang berada di sekitar areal perbukitan Desa Seunebok Peunteut.

Babinsa Ramil 16/Pdw Koptu Danial Firdaus saat dilokasi menjelaskan, melihat keadaan cuaca yang belakangan ini sering turun hujan maka ada baiknya kita manfaatkan lahan tidur untuk ditanami Pepohonan. Hal ini kiranya dapat mencegah terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di kemudian hari, khususnya di sekitar daerah perbukitan desa Seneubok Peunteut, bebernya.

Disamping itu, kegiatan reboisasi ini juga bermanfaat untuk meminimalisir pencemaran udara akibat asap kendaraan maupun Kebakaran Hutan yang disebabkan oleh perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, terutama yang sering muncul pada musim kemarau, jelasnya lagi.

“Mari kita pelihara dan lestarikan lingkungan dengan melaksanakan penghijauan dan tidak melakukan pembakaran hutan dan pembalakan liar. Setidaknya, kegiatan hari ini dapat dirasakan nanti oleh anak-cucu kita dimasa yang akan datang,” ajak Danial mengingatkan. (AA)