Pada Awal Tahun Ini Masyarakat Singkil Berharap Jangan Ada Lagi Hewan Ternak Berkeliaran Di Jalan Raya

ACEH SINGKIL Salingsapa info | Dalam awal tahun 2021 masih ada hewan ternak yang berkeliaran dijalan raya hal ini mengakibatkan menganggu para pengendara roda dua dan empat berlalu lintas, Kamis (14/01/2021).

Sahirudin Pohan Ketua Forum Jurnalis Aceh Singkil (FORJASI) saat dikonfirmasi mengatakan padahal di dalam qanun Aceh Singkil No 4 tahun 2003 bahwa pemilik hewan ternak baik jenis sapi, lembu, kambing dilarang melepaskan hewan ternaknya di jalan umum, Ujarnya.

Kalau masih ada juga yang membandel melepaskan hewan ternaknya akan diberi sanksi atau hukuman yang tercantum dalam qanun no 4 tahun 2003 dalam pasal 6 ayat 1 yang berbunyi ” kepada pemilik ternak dapat diancam hukuman pidana kurungan selama 3 bulan atau denda setinggi – tingginya Rp. 100.000.

Ketua Forjasi berharap kepada Pemda Aceh Singkil atau instansi terkait segera menertibkan hewan liar tersebut karena selain mengganggu keindahan kota dan juga dapat menimbulkan kecelakaan. bahkan sudah banyak korban jiwa yang sudah terjadi dari tahun ke tahun gara – gara hewan ternak ternak tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh masyarakat lainnya Ismed Hidayat salah seorang warga Desa Pulo Sarok dari tahun ke tahun hingga saat ini saya perhatikan hewan ternak banyak masih terdapat berkeliaran dijalan raya seperti dilingkungan perkantoran, Sekolah, rumah warga yang sangat menganggu pandangan mata.

Kemudian, selain hewan ternak ini mengganggu para pengendara berlalu lintas, juga meninggalkan kotoran yang bergelimpangan di jalan raya sehingga sangat mengganggu penglihatan mata. Saya berharap kepada pemilik ternak jangan lagi melepaskan hewan peliharaannya di jalan umum. Dan juga saya berharap juga kepada instansi terkait segera menindak tegas atau menertibkan hewan ternak liar itu. Harap Ismed. (R84)