Pelajar dan Mahasiswa Asal Papua di Banten Gelar Silaturahmi

SERANG (Banten) Salingsapa info | Sejumlah Pelajar SMA, SMK dan Mahasiswa asal Papua yang ada di Provinsi Banten, menggelar kegiatan silaturahmi, di Café Ku, Sari Banten, Kota Serang, Banten, Kamis, 18 Maret 2021. Kegiatan itu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya gesekan yang kurang baik.

Pendamping Afirmasi Pelajar SMA dan SMK Papua se-Banten, Sri Ngatun, Senin (22/03/2021) mengatakan,para pelajar Papua yang menempuh pendidikan di Banten ini datang melalui Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem).

Oleh karena itu, kata Sri Ngatun, untuk meminimalisir gesekan, sangat baik dilaksanakan silaturhami antar ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua se-Banten tersebut.

“Silaturahmi ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua se-Banten sangat baik sekali. Apalagi antara Mahasiswa dan Pelajar menjalin silaturahmi untuk meminimalisir gesekan yang kurang bagus,” kata Sri Ngatun.

Sri Ngatun mengaku, selaku pendamping sangat bersukur dan bangga lantaran ada pelajar Papua berprestasi yang sangat luar biasa. Salah satunya alumni dari SMK Kragilan, Kabupaten Serang, yang berhasil diterima bekerja di perusahaan BUMN, yaitu Bulog Sub Divre Manokwari.

“Kemudian ada yang diterima juga di Universitas Semarang. Dia berprestasi di akademik. Ia juara satu di kelasnya, jurusan akuntansi. Jadi memang, anak-anak Papua itu cerdas-cerdas, tidak hanya berprestasi di olahraga, tetapi akademik juga,” katanya.

Sri Ngatun berharap, program Afirmasi Pendidikan Menengah ini berjalan dengan lancar dan waktunya bisa ditambah.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa asal Papua yang menempuh pendidikan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Hanok Simes mengatakan, tujuan silaturahmi Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua se-Banten ini dilakukan agar ikatan kekeluargaan tetap terbangun dan terjalin.

“Kita tidak terpecah belah dalam hubungan kekeluargaan sebagai putra putri asli Papua yang sedang menempuh pendidikan di Provinsi Banten,” katanya.

Terkait isu-isu hoax dan lain sebagainya yang banyak beredar, menurutnya, sebagai orang asli Papua dirinya mengajak agar lebih cerdas, lebih bijak dalam menyimak, menanggapi dan menyimpulkan berita yang diterima dari media sosial.

“Harapan saya kepada teman-teman pelajar dan mahasiswa Papua yang ada di seluruh Indonesia, khususnya teman-teman Pelajar dan Mahasiwa di Banten, agar tekun dan rajin belajar. Tetap utamakan persatuan dan kesatuan sebagai bangsa yang berbhineka tunggal ika,” tuturnya. (rlsp/red)