Rawan Disalahgunakan, Penduduk Sergai Berhati-Hati dan Harus Bijak Saat Berikan KK dan KTP





SERGAI (Sumut) Salingsapa info | Masyarakat Serdang Bedagai (Sergai) harus berhati-hati dan bijak dalam menyerahkan identitas diri Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun Kartu Keluarga (KK) kepada siapa saja. Hal ini sangat rawan disalahgunakan.

Demikian dikatakan Bupati Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) kab Sergai Benhard Sihotang kepada Media Kamis (28/10/2020). ” Jangan sembarangan berikan KK dan KTP kepada seseorang dengan berbagai modus data anda bisa disalahgunakan” papar B.Sihotang.

Tahun politik ini kata Sihotang berbagai cara dilakukan tim sukses salah satunya mengumpulkan KK dan KTP warga dengan alasan mendata dan akan diberikan uang ” Kiranya masyarakat Khususnya Sergai untuk bijak dalam menyerahkan identitas diri kita karena cukup banyak data kita di jadikan modus penipuan” paparnya.

Tahun 2018 lalu. Polres Sergai kata Benhard Sihotang pernah mengungkap kasus penipuan dengan tersangka karyawan PT. Adira Finance Cabang Tebing Tinggi dan beberapa warga lainnya.

Dalam kasus itu. Salah satu warga bernama Jumiati warga Desa Bogak, Besar, Kec Teluk Mengkudu, Sergai tercatat sebagai konsumen 1 unit kreta sedangkan Jumiati tidak pernah melakukan kredit tersebut. Dan Jumiati mengaku identitas dirinya berupa KK dan KTP pernah di ambil seseorang.

Dalam kasus itu ada 200 unit kendaraan dengan memakai identitas orang lain, begitu juga dengan kondisi Pandemi ini, berbagai pinjaman online juga banyak menawarkan dengan hanya modal KTP hingga pinjaman masuk ke rekening ” KTP dan KK anda rawan disalahgunakan baik untuk kredit kendaraan maupun pinjaman berbasis online jadi waspada lah masyarakat Sergai” tutup Benhard Sihotang. (AfGans)






Berita sebelumyaPemred Sinarsergai.com Merasa Terpanggil Berbagi Rezeki Kepada Janda Miskin