Soal Dugaan Pungli Program Lebak Sejahtera dan PKH, Ormas GAIB 212 Minta Segera Lakukan Proses Hukum

LEBAK (Banten) Salingsapa.info | Puluhan massa aksi dari Ormas Gabungan Anak Indonesia Bersatu (Gaib 212) datangi Kantor Kejaksaan Negeri Lebak, untuk menyerahkan berkas laporan hasil investigasi terkait dugaan pungli pada program Lebak Sejahtera dan PKH.

Sebelumnya puluhan massa aksi tersebut melakukan aksi unjuk rasa didepan Kantor Bupati Lebak, Kamis (06/08/2020).

Dalam orasinya, mereka menuntut Bupati Lebak agar mengevaluasi kinerja kepala dinas sosial terkait Program Lebak Sejahtera, salah satunya soal bantuan bagi penyandang disabilitas.

Selain itu, massa aksi juga menyampaikan adanya dugaan pungli pada Program Keluarga Harapan. Ada semacam permainan, dimana kartu untuk pengambilan bantuan yang seharusnya dipegang oleh KPM, justru dipegang oleh pendamping melalui ketua kelompok.

Saat dikonfirmasi terkait aksi tersebut, Ketua Ormas GAIB 212 DPC Lebak Umar Rosid menyampaikan pihaknya meminta kepada aparat penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan Negeri Lebak untuk segera memproses secara hukum. “kami minta supaya segera dilakukan pemanggilan kepada pihak pihak yang diduga melakukan tindakan pungli ini dan segera diproses secara hukum” ujarnya.

Sementara itu saat dihubungi melalui pesan whatsappnya soal laporan yang dilakukan Ormas GAIB 212 ke Kejaksaan Negeri Lebak, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebak H. Eka Darmana Putra, S.Pd.MM tidak memberikan komentar apapun. (T.Junaedi)